BUMDES

BADAN PERMUSYAWARATAN DESA BOJONGNANGKA

DAN

KEPALA DESA BOJONGNANGKA

MEMUTUSKAN

Menetapkan   :   PERATURAN DESA BOJONGNANGKA TENTANG PEMBENTUKAN BADAN USAHA MILIK DESA “MEKAR SEMBODO” DESA BOJONGNANGKA KECAMATAN PEMALANG  KABUPATEN PEMALANG.

 

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam Peraturan Desa ini yang dimaksud dengan :

  1. Desa adalah Desa Bojongnangka.
  2. Pemerintah Desa adalah kepala Desa yang dibantu pemerintah Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Desa.
  3. Pemerintah Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa Bojongnangka.
  4. Kepala Desa adalah Kepala Desa Bojongnangka.
  5. BPD adalah Badan Permusyawaratan Desa Bojongnangka.
  6. Musyawarah Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah musyawarah antar Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Badan Permusyawaratan Desa untuk menyepakati hal yang bersifat strategis.
  7. Kesepakatan Musyawarah Desa adalah suatu hasil keputusan dari Musyawarah Desa dalam bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam Berita Acara kesepakatan Musyawarah Desa yang ditandatangani oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa dan Kepala Desa.
  8. Peraturan Desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama badan Permusyawaratan Desa.
  9. Badan Usaha Milik Desa, selanjutnya disebut BUM Desa, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.
  10. Pengawas Badan Usaha Milik Desa adalah pengurus yang dipilih oleh masyarakat Desa melalui Musyawarah Desa.
  11. Unit Usaha Simpan Pinjam adalah sebuah usaha yang dilaksanakan Badan Usaha Milik Desa untuk upaya peningkatan perekonomian desa dengan mengusahakan bantuan permodalan dan menggunakan sistem kredit konvensional dan atau dapat menggunakan sistem kredit syariah.
  12. Unit usaha Perdagangan adalah usaha yang bergerak dalam perdagangan padi dan hortikultura serta komoditas yang lain.
  13. Unit Jasa/Persewaan adalah usaha yang dilaksanakan Badan Usaha Milik Desa dalam penyediaan jasa sewa berupa penyewaan alat-pertanian dan konstruksi lainnya.
  14. Unit Usaha lainya dapat pula dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan peluang usaha yang tersedia di Desa Bojongnangka maupun wilayah luar Desa
Facebook Comments