LINMAS

Istilah Linmas yang merupakan singkatan dari Perlindungan Masyarakat telah mengalami distorsi pengertian sehingga terjebak dalam anggapan umum yang hanya mengaitkan dengan sebuah fungsi dalam masyarakat yaitu fungsi linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip. Merunut kepada kenyataan tersebut maka perlu di gali kembali tentang istilah dan pengertian dari Perlindungan Masyarakat dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) itu sendiri.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Tugas Linmas :

  1. Mengumpulkan dan menganalisa data dan informasi satuan perlindungan
  2. Masyarakat serta pengamanan swakarsa
  3. Menyusun prosedur tetap, petunjuk teknis dan pelaksanaan satuan perlindungan masyarakat serta pengamanan swakarsa
  4. Mengidentifikasi dan menyusun usulan sarana prasarana satuan perlindungan masyarakat dan pengamanan swakarsa
  5. Menyusun kebutuhan satuan perlindungan masyarakat yang bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu
  6. Menyiapkan satuan perlindungan masyarakat dalam rangka mendukung pengamanan penyelenggaraan pemilu
  7. Menyiapkan dan melakukan kesiapsiagaan satuan perlindungan masyarakat untuk penugasan, pencarian, pertolongan dan penyelamatan korban bencana
  8. Mengkoordinasikan dan bekerjasama dengan instansi terkait dalam pengembangan satuan perlindungan masyarakat
  9. Membuka pos pantau bencana sebagai media informasi satuan perlindungan masyarakat
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan Kepala Bidang

Fungsi dan Tugas LINMAS di Desa Solo mempunyai kedudukan yang penting juga dikarenakan menjadi pembantu Program Pemerintah Desa Solo termasuk Program Kepala Desa Solo (Edi Sunaryo Iswanto) yang mengutamakan Desa Solo Aman, Tentram dan Tertib.

Dalam hal ini LINMAS Desa Solo berperan Penting dalam menjaga Lingkungan Desa Solo terutama pada malam hari, LINMAS Desa Solo menjalankan Program Dari Kepala Desa Solo dimana dilaksanakannya Jadwal Rutin Dinas Malam.

Dengan diadakannya Jadwal Rutin dinas malam yang dilakukan oleh LINMAS, masyarakat Desa Solomerasakan manfaat yang berarti dimulai dari rasa Aman yang dirasakan oleh lingkungan Masyarakat Desa Solo sehingga bisa meminimalisir hal-hal negatif dengan diadakannya Jadwal Rutin Dinas Malam.

Facebook Comments