VISI MISI

A.            VISI

Visi dalam hal ini adalah visi pemerintahan desa, yaitu visi Kepala Desa. Visi pemeritahan desa pada dasarnya merupakan gambaran masa depan yang akan diwujudkan oleh pemerintah desa dalam periode 2010 – 2014 fungsi visi pemerintah desa, terutama sebagai arah bagi perjalanan pemerintah desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Visi bukan mimpi dan bukan slogan tetapi visi harus diwujudkan dan dapat diarahkan ketercapaiannya.

Berdasarkan uraian pada Bab II gambaran umum kondisi desa dapat disimpulkan bahwa di desa Beji masih dijumpai masalah masalah yang perlu ditangani sungguh sungguh pada periode 2010 – 2014 yaitu pada bidang: ekonomi rakyat, pendidikan, kesehatan, infra struktur, lingkungan, kemiskinan, pengangguran, dan pemerintahan.

Berdasarkan masalah potensi dan harapan masa depan maka pemerintah desa Beji Dalam periode 2010 – 2014 menetapkan visi sebagai berikut :

“Desa Beji Mandiri Beriman Dan Bertaqwa”.

Dari visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Mandiri

Kemandirian dalam hal ini meliputi 2 (dua) sisi yaitu pemerintah desa dan masyarakat. Oleh karena itu ketercapaian kemandirian dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pemerintah desa dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa.

  1. Beriman Dan Bertaqwa

Iman dan Takwa merupaan sikap manusia terhadap tuhanya. Masyarakat Desa Beji adalah masyarakat yang beragama. Sikap orang yang beragama selalu memelihara iman dan takwanya kepada tuhan. bahkan ditingkatkan. Oleh karnanya dalam membuat kebijakan pembangunan Desa juga selalu memperhatikan hal tersebut.

Dari uraian tersebut diatas, maka ketercapaian visi Kepala Desa dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Makin kuatnya kelembagaan pemerintahan desa.
  2. Makin meningkatnya peran masyarakat dalam pembangunan.
  3. Makin baiknya kebijakan-kebijakan pemerintah desa dalam penyelengaraan pemerintahan desa.
  4. Makin baiknya kualitas pembangunan desa di segala bidang.
  5. Makin meningkatnya kesejahteraan kehidupan dari masyarakat
  6. Pemberdayaan Sektor Pertanian.
  7. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.

B.            MISI

Misi dalam hal ini adalah misi Kepala Desa. Misi pada dasarnya merupakan penjabaran atau operasionalisasi dari visi . Misi merupakan bidang bidang yang akan diarungi untuk menuju tercapainya visi yang telah ditetapkan. Misi juga berapa output  output yang pernah diciptakan terlebih dahulu untuk mewujudkan visi. Misi pada dasarnya merupakan beban yang akan dipikul dan diselesaikan agar visi dapat terwujud.

Untuk mewujudkan visi Kepala Desa sebagaimana rumusan dimuka, maka dirumuskan misi  (beban kinerja yang harus dilaksanakan) sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pemerintahan desa yang efisien, efektif, dan bersih dengan mengutamakan masyarakat .
  2. Meningkatkan sumber sumber pendanaan pemerintahan dan pembangunan desa.
  3. Mengembangkan pemberdayaan masyarakat dan kemitraan dalam pelaksanaan pembangunan desa.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam pembangunan desa yang berkelanjutan.
  5. Mengembangkan perekonomian desa.
  6. Menciptakan rasa aman, tentram, dalam suasana kehidupan desa yang demokratis dan agamis.
Facebook Comments